Software CRM petshop digunakan untuk memaksimalkan bisnis petshop, terutama dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Terlebih saat ini banyak orang yang gemar memelihara hewan kesayangan. Ini menjadi peluang yang bagus untuk para pebisnis petshop.
Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan memberikan pelayanan terbaik, salah satunya menggunakan CRM. Meskipun konsep ini sudah familiar, sayangnya masih banyak pebisnis yang berlangganan sistem, hanya sekadar untuk database dari pelanggan saja.
Penjelasan Software CRM Petshop
Software CRM (Customer Relationship Management) adalah teknologi untuk membantu pengelolaan bisnis, sekaligus meningkatkan relasi terhadap pelanggan. Ini berlaku untuk calon pelanggan maupun pelanggan itu sendiri.
Calon pelanggan maupun pelanggan, keduanya harus mendapatkan pelayanan terbaik untuk meningkatkan loyalitasnya. Terlebih seseorang yang memiliki hewan kesayangan cenderung akan memperlakukan hewan tersebut dengan sangat baik.
Melalui software CRM petshop, Anda bisa melakukan penyimpanan, mengorganisir dan analisis interaksi pelanggan dengan cara yang efektif dan efisien. Tentu ini dapat mempercepat transaksi penjualan, yang berujung pada peningkatan loyalitas pula.
Di sini, alur kerja dari bisnis Anda menjadi lebih sederhana karena adanya otomatisasi tugas-tugas rutin. Kolaborasi antar tim pun menjadi terintegrasi ke dalam satu platform saja. Baik tim marketing, tim sales maupun customer service bisa mengaksesnya secara bersamaan.
Bagi perusahaan, ini berguna untuk meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan, serta memberikan pengalaman baik kepada pelanggan. Sementara untuk tim sales dan marketing, sistem ini memudahkan akses ke alur penjualan. Sehingga membantu tim untuk melacak progres, memprioritaskan leads dan mencetak transaksi secara lebih cepat.
Kemudian bagi tim customer service, sistem ini meningkatkan relasi dengan pelanggan. Terutama untuk memastikan tiap transaksi tepat waktu, personal, efektif dan efisien. Tujuannya untuk meningkatkan pengalaman menyenangkan kepada pelanggan, sehingga loyalitasnya menjadi lebih tinggi.
Cara Kerja Software CRM Petshop Mampu Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
Penjelasan di atas mungkin belum mampu menggambarkan cara kerja CRM secara keseluruhan. Ada beberapa aspek yang bisa membantu mencapai loyalitas pelanggan petshop dengan software CRM, sebagaimana berikut.
Data Pelanggan Terpusat
Pengelolaan database pelanggan hewan menjadi aspek yang cukup krusial. Sebab, masing-masing dari sales biasanya memiliki data pelanggan masing-masing secara terpisah. Ini bisa mengakibatkan perusahaan kesulitan mengakses informasi tersebut.
Terlebih jika sales akhirnya memutuskan keluar dari perusahaan, data ini menjadi semakin sulit diakses. Padahal sales baru yang akan menggantikannya, perlu data-data tersebut untuk menindaklanjuti kerja dari sales sebelumnya.
Bagaimana jika hal itu terjadi? Tentu Anda tidak bisa mengetahui pelanggan mana yang potensial. Parahnya, bisa saja pelanggan tersebut hilang karena mendapatkan petshop pengganti. Sebab, keberadaan pelanggan juga perlu dirawat dengan baik agar loyalitasnya terjaga.
Nah, software CRM petshop ini menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebab, sistem ini mampu menggabungkan data-data pelanggan, seperti kontak pelanggan, riwayat pembelian hingga riwayat komunikasi termasuk berbagai kendala yang pernah dihadapi.
Meningkatkan Manajemen Lead
Dari data pelanggan di atas, tidak semua orang benar-benar melakukan pembelian. Ada orang-orang yang hanya sekadar bertanya saja, ada pula yang sekadar mencari pembanding hingga yang sudah berniat melakukan pembelian atau menggunakan jasa petshop.
Sistem CRM ini mampu melakukan penilaian manakah lead yang perlu diprioritaskan. Ini berdasarkan data-data kemungkinan mereka akan melakukan transaksi. Tentu saja mempermudah tim Anda bekerja secara cerdas dan juga mencetak transaksi secara efisien.
Otomatisasi Administratif
Dalam memelihara loyalitas pelanggan, Anda mungkin harus mengirimkan e-mail secara berkala. Sistem CRM ini dapat membantu Anda melakukan tugas berulang secara otomatis. Ini menjadikan tim lebih fokus dalam membina relasi yang baik dengan pelanggan dan berbagai tugas lainnya.
Meningkatkan Respon ke Pelanggan
Katakanlah ada pelanggan yang membutuhkan bantuan, bertanya kepada customer service. Kemudian tim ini harus bertanya kepada tim lain, seperti tim teknis, tim sales atau tim lain mengenai komunikasi dengan pelanggan tersebut. Ini sangat memakan waktu dan tidak efisien.
Berbeda jika seluruh data pelanggan sudah terintegrasi ke dalam software CRM petshop, customer service bisa menyelesaikan persoalan lebih cepat. Bahkan, sistem ini juga mempersiapkan respon dan juga alur kerja untuk memastikan pelanggan mendapatkan solusi secara cepat dan tepat.
Interaksi Lebih Personal ke Pelanggan
Tentu saja pelanggan tidak hanya menginginkan respon yang cepat, tetapi interaksi yang lebih personal. Maksud di sini, mampu membangun persepsi ke pelanggan bahwa seolah-olah siapa pun yang menjawabnya sudah mengenali mereka. Ini hanya bisa dicapai menggunakan software CRM petshop.
Database profil pelanggan yang tersimpan secara rinci, membuat tim bisa menyelesaikan persoalan dengan cepat hanya dengan mengakses informasi tersebut. Jadi, solusi yang mereka dapatkan sudah berdasarkan data-data mereka.
Lebih Proaktif
Analisis tren dan pola yang ada pada sistem CRM ini membantu tim mengantisipasi akan kebutuhan dari pelanggan. Katakanlah seorang pelanggan sudah harus melakukan vaksin pada hewan kesayangannya, tim bisa menghubunginya secara proaktif. Di sini, tim dapat membantu mengingatkan jadwal vaksin, menawarkan bantuan hingga menawarkan program atau promo yang sesuai.
Tanggapan Pelanggan
Software CRM petshop membantu Anda untuk mengumpulkan dan juga melakukan analisis dari tanggapan pelanggan. Analisis ini sudah diolah secara otomatis untuk membantu memperoleh informasi mengenai sentimen pelanggan.
Data-data ini sangat penting untuk kemajuan perusahaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sebab, ada berbagai hal yang bisa Anda evaluasi atau tingkatkan terhadap produk atau layanan dari perusahaan.
FAQ
Apa itu software CRM untuk petshop?
Software CRM merupakan sistem manajemen relasi pelanggan perusahaan petshop. Fungsinya untuk membantu mengelola data, meningkatkan layanan dan menjaga loyalitas pelanggan.
Apa saja manfaat utama software CRM untuk bisnis petshop?
Manfaat utama software CRM ini untuk memusatkan data pelanggan, memberikan respon yang lebih cepat, interaksi personal, otomatisasi tugas dan peningkatan loyalitas pelanggan.
Apakah CRM petshop cocok untuk usaha kecil?
Sangat cocok! Bahkan, usaha kecil di sini dapat memaksimalkan pelayanan dan memperluas jangkauan pelanggan secara lebih efisien.
Apakah CRM bisa membantu promosi atau penawaran khusus?
Bisa! Software CRM membantu melakukan tugas berulang untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, seperti mengirimkan email atau notifikasi promo secara otomatis kepada pelanggan. Tentu saja berdasarkan riwayat pembelian atau preferensi dari pelanggan.
Bagaimana CRM membantu customer service petshop?
Customer service bisa langsung melihat informasi mengenai riwayat interaksi, transaksi dan data-data penting dari pelanggan. Sehingga mereka dapat memberikan solusi yang personal, cepat dan tepat.
Apakah CRM menyimpan riwayat medis hewan pelanggan?
CRM petshop sudah dibuat secara khusus dengan fitur pencatatan riwayat medis, grooming, jadwal vaksin dan berbagai layanan lain untuk hewan peliharaan.
Apakah CRM aman untuk menyimpan data-data pelanggan?
Tentu saja! Software CRM terpercaya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan data, seperti control akses, enkripsi dan juga back up otomatis.