Pengusaha di bidang kesehatan kini dimudahkan dengan adanya software klinik. Sebab, proses pelayanan menjadi lebih cepat. Tidak hanya itu, masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa dirasakan oleh pemilik klinik. Berikut ulasannya.
Manfaat yang Dirasakan Jika Menggunakan Software Klinik Terbaik
Dalam membangun sebuah bisnis dibutuhkan manajemen yang baik, ini berlaku pula bagi pengusaha yang menekuni bisnis layanan kesehatan. Salah satu faktor pendukung dalam pengelolaan bisnis bidang kesehatan adalah software atau aplikasi klinik.
Dengan menggunakan software dari developer yang tepercaya, semua hal yang berkaitan dengan pelayanan ke pasien menjadi lebih simpel.
Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan menggunakan software dalam sistem pelayanan di klinik diantaranya adalah sebagai berikut:
Pendaftaran Online
Keuntungan pertama dari software klinik adalah hadirnya fitur pendaftaran yang bisa dilakukan secara online.
Jadi, pasien yang ingin mendapatkan layanan kesehatan bisa langsung melakukan pendaftaran tanpa harus datang ke klinik atau rumah sakit secara langsung.
Caranya adalah dengan membuka software, mencari fitur pendaftaran, lalu mengisi formulir pendaftaran yang tertera di layar dan ikut prosesnya hingga selesai. Nantinya, orang yang mendaftar akan mendapatkan nomor antrian sesuai layanan kesehatan yang dituju.
Software Klinik Mudah Digunakan
Keuntungan kedua yang ditawarkan oleh pihak pengembang software adalah dalam hal penggunaannya yang mudah. Banyaknya pengguna gadget berupa handphone menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan.
Jadi, dengan adanya software tersebut pasien akan lebih mudah untuk melakukan banyak hal yang berkaitan dengan kesehatan. Mulai dari melakukan pendaftaran, membuat janji temu dengan dokter, berkonsultasi, hingga pengambilan obat.
Intinya, semua yang berkaitan dengan layanan kesehatan bisa diperoleh hanya dengan melakukan beberapa kali klik dari handphone.
Antrian Lebih Rapi
Pemandangan yang dijumpai di klinik, rumah sakit, dan apotek adalah antrian yang panjang hingga mengular sampai jauh. Selain kurang enak dilihat, hal tersebut juga membuat pasien menjadi lebih lama untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.
Namun dengan menggunakan software klinik, hal tersebut bisa diatasi dengan mudah. Adanya sistem pengolahan data akan mengatur semua daftar antrian dengan mudah.
Berkat adanya teknologi yang kian canggih, ada sistem pendaftaran yang sekaligus bisa mengingatkan si pasien.
Jadi, pada smartphone pasien (pendaftar)Â akan muncul notifikasi yang dikirim melalui pesan singkat (sms) berdasarkan nomor telepon yang diberikan saat melakukan pendaftaran.
Isi pesan tersebut umumnya berupa pemberitahuan bahwa telah melakukan pendaftaran dan kurang beberapa saat lagi nomor antriannya akan dipanggil.
Pendataan Lebih Efisien
Bagi pihak petugas pelayanan, kehadiran software klinik sangat membantu proses pendataan pasien. Hal ini dirasakan terutama bagi klinik atau rumah sakit yang memiliki banyak pasien.
Dengan menggunakan software layanan kesehatan, dapat meminimalisir terjadinya human error yang bisa berdampak pada keterlambatan proses penginputan data.
Kehadiran software klinik sangat dirasakan manfaatnya bagi petugas pelayanan kesehatan karena membuat pendataan menjadi jauh lebih mudah, lebih rapi, dan juga mudah untuk ditemukan.
Semua data yang telah terinput bisa dibuka kembali dengan mengetik data yang dicari melalui kolom pencarian.
Sedangkan bagi pasien, adanya software layanan kesehatan tersebut sangat menghemat waktu karena proses pendaftaran menjadi lebih cepat dan sampai tidak mengganggu proses pendaftaran dari pasien lainnya.
Mudah Memperoleh Informasi Kesehatan
Keuntungan lainnya jika sebuah layanan kesehatan menggunakan software klinik adalah memudahkan pasien dalam mendapatkan informasi kesehatan.
Sebab, pada software tersebut tidak hanya berisi tentang berbagai program atau sistem operasional, melainkan juga menyediakan informasi berupa artikel kesehatan.
Kinerja Klinik Lebih Optimal
Menggunakan sistem layanan kesehatan secara online membuat kinerja klinik menjadi lebih optimal. Sebab, software tersebut akan membantu operasional layanan menjadi lebih maksimal.
Salah satunya adalah membantu tenaga medis dalam menangani pasien berdasarkan data yang telah diinput sebelumnya.
Pengambilan Obat Lebih Cepat
Permasalahan yang sering dialami oleh pasien adalah lamanya proses pengambilan obat. Selain antriannya cukup panjang, pencarian obatnya pun membutuhkan waktu yang lama mengingat banyaknya jenis obat yang tersedia.
Namun dengan adanya software klinik tersebut, baik dokter maupun pihak apoteker jadi lebih mudah dalam memproses pemberian obat. Sebab, data yang ada pada software tersebut sangat lengkap mulai dari nama obat, pembelian terakhir, kontak suplier, hingga stoknya.
Komunikasi dengan Pasien Lebih Mudah
Keberadaan software layanan kesehatan juga memudahkan terjadinya komunikasi antara dokter dengan pasien. Sebagai gambaran, ketika sakit, pasien bisa menghubungi dokter melalui software klinik dan berkonsultasi dengan dokter.
Dengan terjalinnya komunikasi tersebut, maka dokter menjadi lebih paham dengan keluhan pasien dan bisa memberikan pengobatan sesuai dengan yang diperlukan.
Menerima Pengobatan Sesuai Kebutuhan
Setiap penyakit yang dialami pasien harus mendapatkan tindakan pengobatan. Jadi, dokter akan memberikan rekomendasi obat apa saja yang harus diminum. Untuk itu, sebagai pasien sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter yang sesuai dengan bidangnya.
Apabila bingung harus ke dokter bagian apa, pasien bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter umum dan menguraikan apa saja keluhan yang diderita. Nantinya, dokter umum itulah yang akan memberikan rekomendasi obat atau harus dirujuk ke dokter spesialis.
Dengan adanya software klinik, pasien bisa mengerjakannya dalam satu waktu melalui smartphone. Jadi, tidak perlu harus berulang kali ke klinik atau rumah sakit untuk dapat pengobatan yang sesuai dengan keluhan yang diderita.
Mendapat Informasi Promo Medical Check-Up
Dalam rangka meningkatkan pelayanan, di beberapa klinik atau rumah sakit memberikan berbagai promo, contohnya promosi diskon medical check-up.
Biasanya, promo tersebut diwujudkan dalam bentuk pembuatan brosur, banner, atau promosi melalui radio dan televisi. Saat ini, pemilik klinik atau rumah sakit bisa menyebarkan promo tersebut melalui software layanan kesehatan yang dimiliki.
Selain promo medical check-up, masih ada beberapa promo menarik lainnya. Misalnya, promo perawatan kecantikan, imunisasi, perawatan gigi, perawatan kulit, dan lain-lain.
Biasanya, promo tersebut hanya berlaku bagi pasien yang melakukan pendaftaran atau berkonsultasi melalui software layanan kesehatan.
Fitur Unggulan yang Ada di Software Layanan Kesehatan
Dengan menggunakan software dari developer yang tepercaya, Anda akan mendapatkan fitur-fitur yang terbaik. Diantaranya adalah fitur yang user friendly, pendaftaran pasien, jadwal dokter, rekam medik, dan farmasi.
Selain itu, ada pula fitur berupa laporan lengkap berbasis web based, kasir all department. printer kasir, support barcode, laboratorium, radiologi, kartu stok, stok opname, cetak surat sehat, cetak surat rujukan, cetak surat sakit, serta data online yang bisa diakses dimanapun.
Kesimpulan
Adanya digitalisasi layanan kesehatan akan memiliki dampak yang positif bagi pemilik klinik maupun masyarakat, khususnya yang sedang menderita sakit.
Sebab, pelayanan akan menjadi lebih cepat, lebih efisien, dan pasien bisa mendapatkan pengobatan medis yang tepat sesuai dengan keluhan yang diderita.
Tunggu apalagi, segera hubungi pihak developer dan konsultasikan software teknisi seperti apa yang ingin diaplikasikan pada website layanan kesehatan yang Anda miliki.
Â