Aplikasi Percetakan untuk Mengganti Nota Tulis Manual

Seiring perkembangan zaman, aplikasi percetakan mulai banyak digunakan untuk bisnis. Jenis aplikasi digital ini banyak digunakan untuk mengefisiensi pekerjaan kasir dan administrasi terutama dalam bisnis digital printing.

Pencatatan transaksi pada bisnis cetak Anda tidak perlu lagi dilakukan secara manual. Untuk mengenal lebih jauh mengenai fungsi dan kelebihan aplikasi ini, simak penjelasan selengkapnya berikut.

Apa Itu Aplikasi Percetakan?

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu apa itu aplikasi percetakan? Aplikasi ini dapat dikatakan sebagai software atau aplikasi web yang dibangun untuk memudahkan pemesanan produk percetakan.

Misalnya pesanan spanduk, banner, undangan, dan bisnis serupa lainnya. Software percetakan ini didesain dengan sistem Point of Sales (POS) yang memiliki banyak keunggulan dibanding aplikasi kasir biasa.

Software percetakan memiliki banyak fitur, termasuk login untuk admin, login pemesanan, registrasi pesanan, dan lain-lain.

Mengapa Nota Tulis Banyak Ditinggalkan?

Pada beberapa bisnis kecil mungkin masih menggunakan nota tulis sebagai bukti transaksi mereka. Namun, sekarang nota tulis dianggap terlalu usang dan memiliki banyak kekurangan. Beberapa kekurangan nota tulis antara lain:

1. Risiko Kesalahan Menulis

Salah satu kelemahan dari nota tulis adalah penggunaannya yang lebih berisiko. Misalnya risiko kesalahan admin dalam mencatat transaksi pesanan atau menghitung jumlah pesanan. Hal ini biasanya baru disadari setelah rekapitulasi dan akan butuh proses lama untuk menemukan letak kesalahannya.

Nota tulis juga rawan disalahgunakan oleh karyawan dengan mencatat transaksi yang tidak sesuai dengan pesanan aslinya. Akhirnya, perusahaan yang akan menanggung kerugiannya.

2. Sistem Pembukuan yang Merepotkan

Kelemahan nota tulis untuk bisnis cetak termasuk sistem pembukuannya yang lebih ribet. Dalam menjalankan bisnis tentu ada banyak pos yang perlu dicatat, mulai dari pesanan, stok produk, dan lain-lain.

Jika menggunakan nota tulis manual sebagai bukti transaksi bisnis, maka Anda harus melakukan perhitungan akhir juga secara manual. Di akhir periode atau di waktu pembukuan Anda perlu mengecek satu per satu.

Menyesuaikan bukti transaksi dengan kas, produk, dan inventaris lainnya. Apabila tidak balance, maka pekerjaan Anda bisa lebih lama karena harus melakukan pengecekan berulang.

3. Perlu Waktu Lebih Lama untuk Menghitung Seluruh Transaksi

Pesanan banyak dan Anda harus menghitungnya secara manual? Siap-siap untuk bekerja lebih lama hingga semua itu selesai. Mungkin cukup merepotkan karena Anda juga perlu mengumpulkan semua nota tulis untuk menghitung keseluruhan transaksi.

Perusahaan biasanya membutuhkan perhitungan seluruh transaksi untuk mengetahui omzet atau kinerja penjualan. Ini bisa saja diperlukan setiap hari, setiap bulan, atau setiap periode tertentu sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Kekurangan inilah yang menjadi alasan bagi beberapa bisnis memilih menggunakan aplikasi kasir percetakan yang lebih modern dan efisien.

4. Lebih Rawan Hilang

Nota tulis sebagai bukti transaksi juga mulai ditinggalkan karena rawan hilang. Padahal, nota tulis tersebut berisi catatan penting dari setiap transaksi bisnis Anda.

Jika ingin menghitung penjualan atau total pesanan tetapi catatannya hilang, tentu sangat mengganggu.

Mengapa Harus Beralih ke Aplikasi Kasir Percetakan?

Nota tulis manual dianggap kurang mendukung untuk kemajuan bisnis cetak. Sangat disarankan untuk beralih ke sistem aplikasi digital. Mengapa demikian?

1. Pencatatan Transaksi Lebih Akurat

Setiap pesanan dan transaksi dalam bisnis Anda pastinya harus dicatat dengan baik. Hal ini penting untuk memastikan bisnis Anda dapat diawasi dengan maksimal.

Dengan software percetakan berbasis POS, maka transaksi bisnis Anda dapat dicatat secara detail dan akurat. Selain itu, sistem dapat dengan cepat menyesuaikan setiap kali ada perubahan.

Misalnya, ada tambahan pesanan percetakan, maka inventaris atau stok produk untuk kebutuhan tersebut akan otomatis berkurang.

2. Mengurangi Pekerjaan dalam Menghitung Transaksi

Alasan lain mengapa bisnis sebaiknya beralih ke aplikasi percetakan adalah sistem yang bekerja secara otomatis. Setiap riwayat transaksi akan tercatat dalam aplikasi.

Jika Anda ingin menghitung total transaksi, cukup memanfaatkan menu tertentu. Dalam sekali klik, Anda akan mendapatkan informasi yang diminta. Jadi, bagian akuntansi, penjualan, atau administrasi tidak perlu melakukan penghitungan manual.

3. Sistem Laporan yang Otomatis

Software percetakan juga menawarkan fitur laporan yang bisa disajikan secara real-time. Membantu Anda untuk dapat melihat laporan keuangan atau penjualan dalam periode tertentu dengan lebih mudah.

Sistem aplikasi ini juga dapat memberikan laporan dengan lebih baik. Misalnya dengan dilengkapi grafik sehingga memudahkan Anda membaca bagaimana kinerja penjualan atau bisnis percetakan Anda.

4. Database Tersimpan di Sistem Cloud

Melalui software percetakan, memungkinkan Anda untuk menyimpan semua informasi bisnis dalam sistem cloud. Database perusahaan Anda pun lebih aman dan dapat diakses dari berbagai perangkat.

Itulah beberapa informasi mengenai aplikasi percetakan yang menggantikan nota tulis sebagai bukti transaksi bisnis. Anda bisa menggunakannya untuk dua jenis user yaitu administrator dan kasir atau sesuai kebutuhan.

Bagikan Postingan:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Terkait

Saatnya Mulai Mencoba Upgrade Bisnis Anda Ke Level Selanjutnya

Percayakan pada kami untuk membantu dalam teknis bisnis Anda

©2023 Starfield Indonesia - All rights reserved