Chatbot AI bisa memandangi pertanyaan pelanggan dengan lebih efisien serta memberikan dukungan sepanjang waktu seperti yang dilakukan oleh Starsender penjualan AI. Ini akan membebaskan dukungan agen manusia dalam menangani masalah pelanggan yang pastinya lebih kompleks.
Chatbot AI ini juga sangat berguna dalam peningkatan engagement pelanggan dan mengoptimalkan penjualan.
Chatbot AI Starsender
Starsender merupakan tools yang berguna membuat notifikasi pesanan & API Gateway lewat WhatsApp dengan konversi yang tinggi sehingga pas untuk kebutuhan pemasaran digital. Tentunya kedua hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi para konsumen.
Notifikasi pesanan yang cepat membuat kalian bisa merespon pesanan yang masuk dengan cepat. Tidak hanya itu adanya API Gateway akan membuat semua proses yang dilakukan ketika proses pemesanan menjadi lebih aman karena adanya perlindungan dalam hal data pribadi.
Lantas Bagaimana Starsender Dapat Mengoptimalkan Penjualan?
Tentunya chatbot untuk interaksi pelanggan bisa mengoptimalkan engagement dan penjualan karena manfaat yang dimilikinya. Adapun beberapa manfaat yang akan diperoleh sebagai berikut.
1. Kecepatan dan Efisiensi
Chatbot AI mampu mengotomatisasi pertanyaan rutin secara cepat dan mampu menghasilkan resolusi cepat dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
2. Tersedia 24/7
Chatbot AI mampu beroperasi 24/7 tanpa jeda sehingga bisa cepat merespon pertanyaan pelanggan kapan pun waktunya. Hal tersebut memastikan pelanggan bisa mengakses dukungan kapan pun diperlukan.
3. Personalisasi
Bisa melakukan personalisasi seperti profil pelanggan, NLP (pemrosesan bahasa alami), percakapan kontekstual, konten dinamis, integrasi data pelanggan dan lainnya.
4. Efektivitas biaya
Starsender penjualan AI bisa mengurangi biaya operasional serta meningkatkan profitabilitas yakni dengan mengotomatiskan tugas berulang, dukungan 24/7, serta menangani sejumlah besar pertanyaan. Jadi peningkatan efisiensi, pendapatan dan penghematan biaya bisa dilakukan.
5. Dukungan Multibahasa
Chatbot AI bisa memberikan dukungan ke banyak bahasa sehingga memungkinkan kalian dalam memperluas basis pelanggan secara global.
6. Skalabilitas
Chatbot mampu menangani beberapa percakapan dan bisa melayani basis pelanggan dengan lebih besar tanpa harus meningkatkan kebutuhan staf dengan kemampuannya terlibat ke percakapan parallel bersama pelanggan.
7. Peningkatan Pengumpulan Data
Chatbot mampu mengumpulkan data berharga terkait pertanyaan, preferensi, serta perilaku pelanggan yang memberikan wawasan dalam menginformasikan strategi bisnis dengan cara menganalisis serta mencatat interaksi pelanggan yang bisa dipergunakan meningkatkan operasi bisnis.
8. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan
Chatbot mampu meningkatkan keterlibatan serta kepuasan pelanggan lewat interaksi yang lebih personal dan cepat serta memberikan respons yang cepat pada pertanyaan pelanggan hingga memberikan solusi dalam pemenuhan kebutuhan pelanggan.
9. Meningkatkan Citra Merek
Starsender WhatsApp dapat memberikan solusi layanan secara modern dan inovatif yang mana ini bisa meningkatkan citra merek bisnis kalian. Sehingga dapat memosisikan bisnis ke bisnis modern dan berpusat ke pelanggan.
Contoh Penggunaan Chatbot Percakapan di dalam Layanan Pelanggan
Supaya mempermudah kalian mencerna kenapa Starsender penjualan AI bisa meningkatkan engagement dan penjualan maka simak beberapa contoh penggunaannya.
1. Pertanyaan dan Dukungan untuk Pelanggan
Solusi Chatbot AI bisa menangani serta menyelesaikan pertanyaan pelanggan yang tergolong rumit serta memberikan dukungan dengan cara memanfaatkan kemampuan pemrosesan NLP (bahasa alami) secara canggih hingga akses kepada sumber data secara relevan yang mana memungkinkan mereka dalam memahami serta menganalisis pertanyaan pelanggan secara rumit yang menghasilkan dukungan secara efektif serta efisien.
2. Penjualan dan Pemasaran
Chatbot akan melakukan interaksi pada sebuah percakapan serta menanyakan terkait preferensi ukuran yang diinginkan, gaya dan lainnya. berdasarkan pada respon kalian, chatbot akan memakai algoritma rekomendasinya menyarankan beberapa dari pilihan produk yang sesuai preferensi kalian.
Ketika kalian sudah menunjukkan minta pada salah satu dari produk yang direkomendasikan, maka chatbot akan memanfaatkan penjualan silang dengan menawarkan produk lain yang masih terkait dengan barang yang kalian pilih.
3. Pelacakan Pesanan
Starsender penjualan AI. Bisa memberikan informasi terkini terkait status pesanan serta informasi pengiriman yang mana sudah terintegrasi dengan sistem pelacakan pesanan perusahaan. Intinya apa pun yang terkait dengan proses pemesanan akan bisa diupdate secara cepat dan tepat ke pelanggan.
4. Pemecahan Masalah Serta Dukungan Teknis
Chatbot bisa memberikan pemecahan masalah serta dukungan teknis bagi masalah yang berkaitan dengan produk maupun layanan dengan cara memanfaatkan basis pengetahuan serta kemampuan percakapannya. Inilah bagaimana Chatbot bisa membantu pemecahan masalah serta dukungan teknis.
a. Diagnosis masalah
Chatbot yang terlibat di dalam percakapan bersama pelanggan mendiagnosis masalah teknis dengan cara mengajukan pertanyaan relevan terkait masalah, gejala, serta informasi perangkat ataupun sistem. Chatbot bisa memakai kemampuan bahasa alami (NLP) guna memahami masukan pelanggan serta memberikan respons relevan.
b. Rekomendasi Solusi
Chatbot memberikan solusi ataupun rekomendasi berdasarkan pada basis pengetahuannya mengenai masalah yang diketahui serta solusi terkaitnya.
c. Panduan Interaktif
Chatbot menyediakan panduan ataupun tutorial interaktif guna membantu pelanggan dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya secara real-time. Hal tersebut mencakup memandu pelanggan lewat serangkaian pertanyaan ataupun tindakan dalam mengidentifikasikan akar penyebab masalah serta solusi yang memang sesuai.
d. Peningkatan Dukungan Manusia
Chatbot AI mampu mengidentifikasikan masalah teknis yang rumit dan memerlukan intervensi manusia serta meningkatkan percakapan pada perwakilan manusia. Chatbot bisa memberikan informasi serta konteks yang memang relevan ke perwakilan manusia guna menyederhanakan proses dari serah Terima serta memastikan pengalaman pelanggan menjadi lancar.
Semua Manfaat Ada di Starsender
Tentunya Starsender penjualan AI bisa memenuhi semua hal di atas terutama untuk kalian yang memanfaatkan layanan pesan instan WhatsApp untuk proses marketing. Beberapa fitur yang mendukung layanan tadi seperti WA broadcast, simple rest API, smart AutoReply, management user, device, sent item report dan lainnya.
Bahkan Starsender juga sudah melakukan integrasi dengan berbagai aplikasi lainnya yang membuat proses marketing dan layanan ke pelanggan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
FAQ
- Apa Itu AI di Dalam Digital Marketing?
AI dalam bidang marketing adalah salah satu dari strategi pemasaran dan melibatkan teknologi AI. Strategi tadi memanfaatkan teknologi AI untuk mengumpulkan, menganalisis, serta memproses data secara relevan bagi kepentingan pemasaran.
- Siapakah Pengembang Teknologi AI?
Pengembangannya dimulai semenjak tahun 1950-an. Ini saat John McCarthy. Marvin Minsky, serta ilmuwan lainnya di MIT (Massachusetts Institute of Technology) membentuk kelompok penelitian guna mempelajari terkait kecerdasan buatan.
- Apa Saja Produk AI?
Adapun beberapa produk AI seperti asisten virtual, kamera ponsel, media sosial, chatbot dan lainnya.
- Apakah Itu Alat Pemasaran AI?
AI merupakan perangkat lunak yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan guna meningkatkan pelaksanaan tugas serta alur kerja pemasaran.
Jadi Starsender penjualan AI termasuk dalam chatbot AI yang bisa berguna untuk meningkatkan engagement dan penjualan produk ke pelanggan. Tentunya banyak fitur dan keuntungan yang ditawarkan oleh Starsender agar semua tujuan tadi bisa tercapai.