Penjualan tiket online seakan menjadi tren pakem untuk jual-beli tiket sekarang ini. Sudah semakin jarang event yang hanya menyediakan tiket fisik saja. Beberapa acara bahkan hanya menggunakan sistem tiket online saja untuk audiens bisa masuk ke venue atau program.
Apakah Anda termasuk yang sedang merencanakan event dan menggunakan platform ticketing online? Artikel kali ini bisa memandu Anda untuk menyukseskan event dengan sistem tiket online.
Tips Agar Event Sukses dengan Platform Penjualan Tiket Online
Meski Anda mengandalkan aplikasi atau platform ticketing online, tidak selalu bisa berdampak baik untuk kesuksesan event. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar platform tersebut bisa digunakan secara maksimal. Sebagai yang rutin menyelenggarakan acara, saya memperhatikan aspek-aspek krusial tertentu dalam memanfaatkan platform ticketing online.
Yuk kita pahami apa saja aspek-aspek yang krusial untuk kesuksesan event dalam penggunaan aplikasi tiket online:
1. Selektif dalam memilih platform
Jangan sembarangan dalam memilih platform, Anda harus mengkaji cukup beragam sisi untuk mendapatkan opsi platform tiket terbaik. Pertama-tama, Anda perlu mengidentifikasi kebutuhan Anda seputar penjualan tiket. Sesuaikan setiap fitur atau layanan yang ada pada platform berdasarkan preferensi Anda.
Semakin banyak platform yang Anda review, tentu akan semakin baik. Relevansi platform sangat penting dalam kesuksesan event atau bisnis. Beberapa platform yang cukup kompleks bisa saja tidak relevan dengan visi event Anda.
Lebih dari itu, disarankan untuk memilih platform dengan antarmuka sederhana. Pertimbangan ini penting terutama mereka yang pemula dalam mengurus penjualan tiket online. Bukan hanya dari antarmuka saja, penggunaan fitur/tools, navigasi dan menu harus mudah digunakan.
Poin lain yang perlu dipertimbangkan adalah seputar ketersediaan opsi pembayaran. Mengingat tren pembayaran yang beragam sekarang ini, sudah tentu platform tiket harus menyediakan metode pembayaran lengkap. Dengan begitu, pelanggan bisa terbantu dalam menyesuaikan opsi pembayaran.
Lalu yang tidak kalah penting adalah seputar keamanan platform. Lebih baik Anda riset terlebih dahulu seputar performa keamanan platform tiket terkait. Cari tahu apakah ada kasus masalah keamanan dari pengguna sebelumnya atau tidak.
2. Bijak dalam menentukan harga
Penyelenggara acara tentu ingin mendapatkan keuntungan yang cukup dari sebuah acara. Sistem ticketing secara online itu sendiri lebih ramah biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk booth penjualan tiket, dokumen fisik dan sebagainya.
Maka dari itu, cara jual tiket online yang tepat adalah memastikan biaya tiket dalam batas wajar untuk menunjang kesuksesan event. Sesuaikan biaya tiket dengan jenis acara terkait, jangan samakan harga tiket konser dengan seminar. Meski harus bersaing dari harga tiket, jangan patok harga terlalu rendah juga karena berpengaruh ke minat pembelian dan keuntungan Anda.
3. Perkuat promosi/pemasaran
Semakin banyak media promosi yang Anda gunakan akan lebih baik. Beberapa platform menyediakan layanan pemasaran dan Anda bisa andalkan itu. Strategi pemasaran juga harus menuju sasaran yang tepat.
Banyak pelanggan yang tertarik dengan hal-hal berbau multimedia, dengan kata lain seperti video menarik atau gambar-gambar unik. Pertimbangkan sajian seperti itu dalam mempromosikan tiket event. Intinya adalah meningkatkan sebaik mungkin minat audiens untuk membeli tiket.
Sebagai tips penjualan tiket online tambahan, coba untuk menciptakan buzz. Strategi ini bisa meningkatkan minat secara efektif seperti dengan teaser yang menarik. Jika acara Anda menghadirkan bintang tamu populer, coba untuk tampilkan dalam teaser agar semakin banyak orang yang tertarik.
Ada kalanya Anda juga perlu mengandalkan iklan berbayar untuk memperluas cakupan audiens dan meningkatkan performa pemasaran. Pastikan pengiklanan fokus pada sasaran yang tepat baik itu dari segi lokasi, demografi dan faktor lain.
4. Kelola penawaran diskon
Banyak orang yang mempertimbangkan diskon dalam membeli tiket acara. Penawaran diskon tidak pernah gagal meningkatkan minat orang-orang dalam membeli produk termasuk tiket event. Anda hanya harus mengelola penawaran ini secara bijak.
Buat penawaran diskon yang tampak worth untuk calon pembeli tapi tetap aman untuk keuangan event.
5. Kedepankan pengalaman pembelian tiket
Selanjutnya adalah seputar user experience, aspek satu ini cukup penting untuk kenyamanan pembeli dalam mendapatkan tiket mereka. Pastikan Anda kaji setiap unsur user experience ini untuk pengalaman terbaik penjualan tiket online. Buatlah desain yang menarik untuk tampilan tiket, maupun dekorasi lainnya.
Salah satu faktor krusial dalam pengalaman membeli tiket tidak terlepas dari tersedianya beragam pilihan pembayaran. Bukan hanya harus mengurus integrasi sistem akuntansi yang tepat saja, tapi juga pengelolaan beragam opsi pembayaran. Periksa setiap sisi user experience untuk memastikan pembeli puas dengan layanan penjualan tiket via online.
Agar lebih pasti, Anda bisa lakukan langkah-langkah evaluasi terhadap aplikasi event management maupun platform ticketing. Cari tahu apa saja yang diunggulkan pada layanan Anda dan apa yang harus dibenahi. Percepat perbaikan agar tiket bisa terjual banyak dan event bisa berjalan sukses.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan seputar penjualan tiket secara online. Lebih dari itu, pastikan untuk update kondisi terkini. Hindari event yang mirip-mirip berlangsung pada waktu yang sama atau lokasi yang berdekatan untuk memastikan popularitas acara.
Masih banyak lagi tips sukses penyelenggaraan event yang bisa Anda pertimbangkan misalnya mencoba strategi kelangkaan. Strategi ini bisa menumbuhkan rasa harus cepat beli tiket karena keterbatasan. Strategi lain misalnya diskon untuk penjualan awal untuk memotivasi audiens untuk membeli tiket lebih awal.
Andalkan Platform Terbaik untuk Penjualan Tiket Online yang Sukses
Begitu banyak opsi platform yang bisa Anda pilih untuk menjual tiket secara online. Lalu platform mana yang layak dipertimbangkan. Anda bisa pilih platform Starevent untuk mengakomodasi kebutuhan ticketing online Anda secara optimal. Platform ini menyediakan beragam solusi untuk peningkatan penjualan tiket secara efektif.
Starevent punya reputasi baik dalam manajemen tiket sehingga Anda tidak perlu khawatir soal performanya. Sistemnya bisa diandalkan dan mudah digunakan meski Anda baru pertama kali terjun dalam bidang ini. Pastikan Anda memilih platform kredibel untuk kelancaran penjualan tiket online dan kesuksesan event.
FAQ
Apa yang dimaksud dengan e-ticket konser?
Inilah penjualan tiket konser secara online, hasil keluaran tiketnya dalam bentuk online bukan secara fisik. E-ticket konser bisa dibeli via online dengan beberapa opsi pembayaran misalnya kartu debit/kredit, dompet digital atau transfer bank.
Fungsi e-ticket untuk apa?
Fungsi tiket elektronik/online adalah supaya orang-orang bisa lebih mudah membeli tiket. Platform penjualan tiket akan menyediakan beberapa opsi acara yang bisa dibeli tiketnya dan cara pembayarannya juga beragam.
Cara kerja tiket online seperti apa?
Pelanggan bisa menunjukkan foto atau file tiket agar bisa diizinkan masuk ke venue. Tiap tiket elektronik punya kode unik (QR atau barcode), nantinya kode tersebut akan dipindai agar bisa diverifikasi.
Apa tugas ticketing event?
Mereka bertugas dalam penjualan tiket online termasuk penjualan tiket di venue. Petugas ticketing event perlu mengarahkan audiens mengenai seluruh prosedur tiket secara menyeluruh dan jelas.