Panduan Memanfaatkan Chatbot AI Starsender untuk UMKM

Panduan Memanfaatkan Chatbot AI Starsender untuk UMKM

Banyak yang beranggapan jika chatbot hanya bisa dipergunakan pada bisnis besar yang memiliki ribuan pelanggan. Namun kenyataannya chatbot AI Starsender untuk UMKM juga tersedia, karena entah itu bisnis skala kecil maupun besar bisa memanfaatkannya terutama jika volume chat yang dihadapi tinggi.

Sekarang chatbot sudah dipakai perusahaan sebanyak 24%, perusahaan menengah 15% dan usaha kecil 16%. Chatbot akan sangat membantu dalam menjaga interaksi dan meningkatkan efisiensi operasional.

Lantas, bagaimana chatbot bisa menjadi solusi bisnis kecil agar bisa berjalan? Lebih jelasnya simak informasi berikut.

Mengenal Kembali Tentang Chatbot

Kemajuan dalam bidang teknologi digital yang membawa chatbot menjadi salah satu daru perubahan besar pada komunikasi dan interaksi bisnis kepada pelanggan. Chatbot merupakan software yang memang dirancang menirukan percakapan manusia dengan otomatis dan umumnya diintegrasikan ke platform instant messaging maupun website.

Chatbot memang dirancang dalam memberikan tanggapan yang memang sesuai pertanyaan maupun kebutuhan pelanggan. Contohnya yakni menjawab pertanyaan umum, melakukan proses pesanan, sampai ke penanganan keluhan pelanggan.

Kapan Bisnis UMKM Perlu Menggunakan Chatbot?

Efisiensi bisnis yakni saat bisnis bisa mengetahui tentang apa pun yang dibutuhkan termasuk juga pemakaian chatbot. Jadi kapan bisnis perlu menggunakannya? Tentu saja jawabannya tergantung pada kebutuhan. Akan tetapi berikut beberapa poin yang dapat menjadi pertimbangan kapan waktu yang tepat memakai chatbot.

1. Volume Interaksi Pelanggan Tinggi

Ketika tim masih sedikit sedangkan pelanggan yang menghubungi tergolong cukup banyak setiap harinya, tentunya pemakaian chatbot bisa membantu dalam mengelola interaksi pelanggan secara lebih efisien.

2. Permintaan Layanan CS 24 Jam

Chatbot bisa memberikan layanan ke pelanggan kapan pun sehingga pelanggan bisa memperoleh informasi secara instan.

3. Memerlukan Efisiensi Operasional

Terbatasnya SDM menjadi pertimbangan lainnya, bisnis bisa mengatur chatbot dalam menangani tugas repetitif maupun menghandle pertanyaan sederhana pelanggan, jadi staf menjadi lebih fokus ke pengerjaan tugas kompleks.

4. Peningkatan Jumlah Pelanggan

Chatbot akan mendukung usaha menjaga kualitas pelayanannya tanpa perlu menambah anggota tim. Komunikasi bersama pelanggan akan lebih cepat serta efektif walaupun ada peningkatan jumlah pelanggan.

Kondisi di atas bisa membantu bisnis dalam menentukan kapan waktu yang paling tepat dalam mengimplementasikan chatbot untuk strategi bisnis.

Cara Starsender Chatbot Membantu dalam UMKM

Chatbot AI Starsender untuk UMKM mempunyai banyak fitur yang pastinya berfokus kepada pelayanan pelanggan sehingga bisa meningkatkan interaksi mulai dari komunikasi awal hingga tahap akhir yakni pemesanan.

Starsender ini berfokus pada pembuatan notifikasi order serta API Gateway WhatsApp. Kalian cukup berlangganan ke Starsender saja dengan biaya terjangkau dan nantinya beberapa layanan konsumen untuk bisnis UMKM bisa kalian dapatkan.

Bila dijabarkan berikut ini beberapa hal yang akan kalian peroleh untuk bisnis UMKM ketika menggunakan Starsender AI.

1. Layanan Pelanggan 24/7

Chatbot AI Starsender untuk UMKM memungkinkan untuk memberikan layanan pelanggan selama 24/7. Sehingga pelanggan bisa melakukan pertanyaan ataupun permintaan kapan pun tanpa perlu menunggu respon dari agen manusia. Ini pastinya bermanfaat untuk UMKM yang memang mempunyai pelanggan dari banyak zona waktu.

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Penggunaan chatbot bisa mengurangi beban kerja dari tim layanan pelanggan. Chatbot bisa menangani pertanyaan umum semacam ketersediaan produk, harga ataupun informasi pengiriman dan lainnya. ini akan membuat UMKM akan lebih hemat biaya terutama pada hal SDM sehingga tidak harus memperluas tim layanan pelanggan.

3. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Chatbot mampu memberikan respon secara tepat dan cepat kepada pertanyaan pelanggan serta meningkatkan kepuasannya. Pelanggan akan lebih puas ketika memperoleh respon yang instan tanpa harus menunggu. Bahkan chatbot bisa memberikan rekomendasi produk ke pelanggan.

Ini tentunya akan membuat pelanggan merasa lebih diperhatikan karena respon yang cepat dan keinginannya akan informasi suatu produk lebih cepat terjawab.

4. Mempercepat Proses Penjualan

Chatbot AI Starsender untuk UMKM bisa mengotomatiskan sebagian besar dari proses penjualan. Ini akan mempercepat proses pembelian dan meningkatkan konversi yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan UMKM.

5. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Chatbot bisa secara aktif melakukan interaksi dengan pelanggan, entah dari pengingat penjualan, update produk ataupun notifikasi promosi. Chatbot dapat dipergunakan mengirimkan pesan relevan serta personal ke pelanggan guna meningkatkan peluang interaksi lebih lanjut ataupun pembelian.

6. Memproses Data

Chatbot bisa mengumpulkan data melalui interaksi pelanggan, data tersebut bisa diolah ke insight yang memang berguna dalam meningkatkan strategi pemasaran, perbaikan layanan ataupun mengembangkan produk baru.

7. Layanan Multi-Platform

Starsender dapat mengintegrasikan chatbotnya ke WhatsApp. Sehingga UMKM mampu memakai chatbot dalam memberikan layanan secara konsisten pada semua platform dan memungkinkan bisnis menjangkau lebih banyak dari pelanggan serta memastikan dalam memperoleh pengalaman beragam ketika berinteraksi.

8. Meminimalisir Human Error

Chatbot bekerja dengan berdasarkan pada program yang telah diatur sebelumnya, jadi akan mengurangi risiko kesalahan yang nantinya bisa terjadi saat pelayanan dilakukan manual oleh staf. Hal tersebut termasuk juga dalam memberikan informasi terkait produk dan lainnya.

9. Meningkatkan Skala Bisnis

Chatbot dapat membantu bisnis dalam mengelola pertumbuhan tanpa harus memperbesar tim maupun infrastruktur yang mahal. Chatbot akan sigap menangani ratusan bahkan ribuan interaksi dengan simultan sehingga pelanggan bisa dilayani secara baik walaupun skala bisnis mengalami peningkatan.

10. Mempersonalisasi Layanan Pelanggan

Chatbot AI Starsender untuk UMKM bisa memberikan layanan dengan lebih personal. Ini karena chatbot mengenali preferensi pelanggan dengan berdasarkan pada riwayat percakapan ataupun pembelian.

FAQ

  1. AI Itu Apa Saja?

Jenis AI itu beragam mulai dari machine learning, deep learning, NLP (natural language processing), computer vision, RPA (robotic process automation), expert systems dan GANs (generative adversarial networks).

  1. Bagaimana Penerapan AI dalam Bidang Ekonomi?

AI membantu UMKM untuk personalisasi pengalaman pelanggan lewat analisis data mendalam. Sistem dari rekomendasi AI akan meningkatkan penjualan dengan cara menawarkan produk relevan.

  1. Apakah Chatbot Memakai AI?

Tidak semua chatbot sudah dilengkapi dengan AI (kecerdasan buatan), namun chatbot modern sudah semakin jamak memakai teknik AI semacam pemrosesan untuk bahasa alami (NLP) dalam memahami pertanyaan pengguna serta memberikan respons otomatis ke pertanyaan tadi.

  1. Apa yang Dilakukan Oleh Chatbot AI?

Chatbot AI merupakan aplikasi perangkat lunak yang caranya meniru percakapan manusia. Ini sering dipakai mengotomatiskan tugas ataupun menjawab pertanyaan.

Tentunya chatbot AI ini akan sangat berguna diterapkan dalam UMKM. Terutama yang sudah mengalami peningkatan volume pertanyaan namun tetap ingin bisa melayani konsumen secara maksimal dan konsisten tanpa harus menambah SDM.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian pahami tentang Chatbot AI Starsender untuk UMKM. Penggunaan Starsender ini cukup dengan berlangganan saja. Nantinya kalian akan memperoleh instruksi terkait penggunaannya dan juga akan memperoleh beberapa keuntungan yang sudah disebutkan di atas.

Bagikan Postingan:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Terkait

Saatnya Mulai Mencoba Upgrade Bisnis Anda Ke Level Selanjutnya

Percayakan pada kami untuk membantu dalam teknis bisnis Anda

©2023 Starfield Indonesia - All rights reserved