Bekerja di sektor kesehatan ada banyak tugas yang harus dikerjakan tidak hanya merawat pasien, memberikan penanganan pada pasien untuk terapi, konsultasi bahkan juga terdapat hal-hal sederhana yang harus diperhatikan seperti pencatatan atau pendataan pasien. Saat ini pendataan pasien lebih mudah dan efisien dengan adanya aplikasi klinik.
Memahami tentang Aplikasi Klinik
Aplikasi Klinik atau software Klinik merupakan aplikasi yang digunakan dalam hal pendataan pasien di klinik dan juga layanan lain yang memudahkan staf dan tenaga medis untuk memberikan pelayanan kepada pasien.
Kata lainnya aplikasi klinik diartikan sebagai suatu software khusus untuk untuk membantu klinik dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Aplikasi ini dapat digunakan untuk beberapa hal bukan saja sekedar mencatat pasien yang datang ke klinik semata.
Aplikasi klinik dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran terhadap pasien yang datang ke klinik, mengatur janji temu antara pasien maupun dokter, mencatat kegiatan administrasi, melakukan kegiatan transaksi keuangan serta melakukan kegiatan yang berhubungan dengan mengelola stok obat maupun stok alat-alat kesehatan lainnya.
Mengapa harus Melakukan Pengadaan Aplikasi Klinik
Teknologi bukanlah sesuatu yang asing lagi untuk diterapkan di berbagai aktivitas manusia, seperti halnya layanan kesehatan masyarakat. Dengan adanya bantuan teknologi, maka aktivitas akan terasa lebih ringan dan lebih cepat selesai.
Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa klinik harus memiliki teknologi yang canggih,. Jika klinik terus menggunakan cara manual tanpa aplikasi maka resikonya yakni pengelolaan terhadap administrasi dan data-data pasien akan tidak akurat. Selain itu akan ketinggalan dengan layanan kesehatan lainnya yang jauh lebih modern.
Latar Belakang Terciptanya Aplikasi Klinik
Latar belakang terciptanya aplikasi klinik bukanlah hasil rekayasa coba-coba melainkan berangkat dari kebutuhan masyarakat terutama di sektor kesehatan, yang mana sebenarnya penciptaan aplikasi berasal dari beberapa permasalahan berikut ini:
- Stok yang tidak rapi, cenderung berantakan
Stok menjadi tidak rapi, cenderung berantakan karena salah menghitung, akibatnya hal-hal semacam ini menjadikan pekerjaan lama dan beresiko dapat terulang kembali jika kenyataannya perhitungan pun masih manual, padahal perhitungan dan pengecekan secara manual sangatlah rawan akan kesalahan.
- Hasil dari laporan malah tidak jelas
Jelas saja hasil dan laporan yang dipaparkan malah tidak jelas karena kegiatan catat-mencatat masih dilakukan secara manual.
- Beresiko Mendapatkan Karyawan yang Tidak Jujur
Meskipun dalam bekerja, sudah ada aturan tentang perilaku jujur dan amanah di setiap pekerjaan, namun jangan salah aturan tersebut belum tentu berlaku untuk setiap karyawan. Sebab setiap karyawan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sangatlah susah untuk menyamakan keinginan dan aturan perusahaan atau kantor.
Jika transaksi pembayaran atau pencatatan masih dilakukan secara manual maka sangatlah beresiko jika tertipu oleh karyawan yang tidak jujur. Karyawan tersebut bisa memanipulasi data apabila sikapnya tidak jujur sama sekali, apalagi transaksi pembayaran malah dilakukan secara manual.
Terburuknya data dan transaksi pembayaran tersebut bisa diakali sehingga data akan berbeda atau berantakan, dan nominal berkurang karena ulah karyawan yang manipulatif atau tidak jujur.
- Merasa kesulitan untuk melaporkan data yang berkaitan dengan keuangan
Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor tiga, jika terjadi salah input sedikit saja terhadap data keuangan, maka sudah pasti data tersebut akan sulit untuk dilaporkan. Misalnya saja data keuangan justru nominal tidak sesuai, datanya berkurang dari perhitungan awal, atau malah mengalami kelebihan dari standar awal yang sudah ditetapkan.
- Data pasien bisa sewaktu-waktu hilang
Jika kegiatan pencatatan pasien dilakukan secara manual maka data tersebut bisa sewaktu-waktu hilang apalagi jika pencatatan masih menggunakan buku tulis, dengan begini akan menyulitkan ketika melakukan kegiatan laporan pertanggung jawaban atau promosi klinik.
- Kesusahan dalam hal rekam medik pasien
Satu lagi selain data yang bisa hilang sewaktu-waktu akibat pendataan atau pencatatan dilakukan secara manual yakni siapa saja yang menjadi staf pasti akan merasa kesulitan dalam hal rekam medik pasien atau misalnya saja ada dari pihak keluarga yang meminta riwayat pasien berobat pasti juga akan susah karena harus mencari satu-persatu terlebih dahulu.
Keunggulan menggunakan Aplikasi Klinik
Ketika menggunakan aplikasi klinik maka akan terdapat beberapa manfaat atau keunggulan yang bisa dirasakan diantaranya yaitu:
- Laporan disajikan secara lengkap
Adanya aplikasi klinik akan membantu untuk menyediakan pelaporan medis secara lengkap dan akurat. Dimana terdapat data tahun, keterangan informasi identitas pasien, jenis layanan kepada pasien, informasi berapa lama pasien dirawat, dokter maupun staf medis yang menangani pasien, ruangan untuk perawatan dan data-data lain untuk keperluan media.
- Sistem yang user friendly dan terintegrasi
Klinik yang menerapkan sistem manual atau tradisional akan kesusahan dalam melakukan sinkronisasi data. Seperti halnya ketika terdapat pasien yang menggunakan asuransi atau bpjs maka klinik manual atau tradisional akan kesusahan dalam melakukan akses.
Berbeda dengan klinik yang sudah menerapkan aplikasi, karena klinik tersebut sudah memiliki aplikasi yang user friendly dan terintegrasi maka hal-hal seputar penanganan pasien yang ingin menggunakan asuransi atau bpjs dapat diatasi dengan mudah, mereka juga bisa membayar lewat asuransi atau BPJS.
- Bisa diakses dimanapun dan kapanpun
Menggunakan aplikasi klinik akan memudahkan untuk melakukan pengecekan dimanapun dan kapanpun. Ini sangat akan mempermudah owner klinik untuk mengawasi tentang keberjalanan pekerjaan maupun mengawasi tentang bagaimana staf dalam memberikan penanganan kepada pasien.
- Bisa Menghemat Biaya
Menggunakan aplikasi yang modern sejatinya bisa sebagai suatu siasat untuk meminimalkan dalam penggunaan tenaga kerja. Seperti halnya adanya sistem untuk melakukan pencatatan dan pendaftaran maka maka tidak diperlukan staf khusus untuk melakukan kegiatan tersebut. Selain itu mencatat dengan aplikasi akan menghemat untuk tidak membeli kertas maupun tempat penyimpanan kertas atau loker.
- Resiko Kesalahan akan Semakin Minim
Aplikasi klinik akan bekerja secara otomatis sesuai kebutuhan dan tujuan dari klinik itu sendiri, pengunaan aplikasi ini akan meminimalisir adanya kesalahan seperti kesalahan dalam menginput data pasien, kesalahan dalam melakukan transaksi keuangan. Sebab aplikasi klinik akan menyajikan data secara jelas, aktual dan terpercaya.
- Sistem Komunikasi dengan Pasien menjadi Lebih Mudah
Tentu dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah dalam hal berkomunikasi antara klinik dengan pasien. Misalnya saja seperti halnya ada pasien yang tidak bisa berangkat ke klinik lalu meminta jadwal konsultasi klinik, maka dengan mudah pasien tersebut mengatur jadwal temu dengan dokter secara daring ataupun virtual dengan beberapa kali klik saja.
- Data rekam medis menjadi akurat
Menggunakan aplikasi ini, maka akan terhindar dari data yang ganda atau mengalami kesalahan dalam menginput
Demikian sekilas informasi tentang pendataan pasien lebih mudah dengan aplikasi klinik, semoga bermanfaat.