Software Klinik, Ketahui 6 Fitur Unggulannya!

Klinik kesehatan jumlahnya semakin menjamur seiring dengan banyaknya kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang berkualitas. Dan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan masyarakat menuntut adanya pelayanan kesehatan yang lebih efektif dan efisien. Kini mayoritas fasilitas layanan kesehatan sudah menggunakan software klinik dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik.

Fitur Canggih Dalam Software atau Aplikasi Klinik

Di bawah ini ada 6 fitur yang tersedia di dalam aplikasi atau software digital klinik yang bisa digunakan untuk membantu memberikan layanan kesehatan yang terbaik.

1. Fitur Daftar Pasien Online

Fitur yang pertama adalah fitur yang memberikan layanan untuk daftar dan antre pasien klinik secara online. Pada fitur ini semua data dan informasi milik pasien termasuk di dalamnya rekam medis pasien akan tercatat oleh sistem yang terintegrasi ke seluruh bagian layanan klinik. Selain lebih memudahkan pencarian dan pencatatan data pasien juga akan meminimalisir adanya data yang hilang, tumpang tindih hingga keliru saat input data.

Aplikasi klinik juga bisa membantu pasien mengetahui jadwal dokter dan jenis layanan kesehatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan pasien. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengakses laporan pengobatan pasien, melacak kunjungan pasien dan rekap kedatangan pasien pada klinik tersebut.

Dengan fitur ini maka dokter dan staf klinik bisa memaksimalkan waktu tunggu dan waktu untuk konsultasi pasien dengan lebih efisien. Pasien bisa mendaftar untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan di klinik secara online tanpa harus pergi keluar rumah. Pasien juga bisa datang ke klinik tepat ketika jadwal pemeriksaannya sudah tiba sehingga tak harus membuang waktu lama untuk menunggu antrean di klinik.

2. Fitur rekam medis pasien

Kemudian fitur yang berikutnya adalah fitur yang bisa memudahkan pasien untuk melakukan rencana rawat jalan, lengkap dengan riwayat tindakan medis yang dimilikinya. Fitur ini secara tidak langsung akan membantu dokter, pihak staf dan tenaga medis untuk mengetahui diagnosa dokter, resep obat, riwayat kesehatan pasien, tindakan pengobatan dan surat rujukan yang sudah diperoleh pasien secara akurat.

Data rekam medis milik pasien adalah data dan informasi pribadi milik pasien yang berisi data diri pribadi pasien, riwayat kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan tindakan medis yang pernah diterima pasien. Semua data dan informasi milik pasien bisa diakses dengan mudah oleh dokter, tenaga medis dan staf sehingga bisa memberikan layanan kesehatan yang terbaik untuk pasien.

3. Fitur pengelolaan farmasi

Kemudian jenis fitur yang berikutnya adalah adanya fitur pengelolaan untuk farmasi yang akan membantu klinik untuk mengelola stok obat serta alat kesehatan yang tersedia di klinik. Ada beberapa kegunaan dari adanya fitur farmasi pada aplikasi untuk klinik di antaranya adalah :

  • Mengetahui stok persediaan obat yang tersedia
  • Mencatat rekap penjualan
  • Mencatat riwayat pemberian resep obat secara keseluruhan
  • Mencatat administrasi pemakaian barang habis pakai di klinik
  • Melakukan penyesuaian pada ketersediaan obat di klinik
  • Melakukan pembelian obat secara langsung maupun pre-order
  • Mencatat administrasi jenis persediaan obat yang sudah kadaluwarsa
  • Melihat catatan statistik penjualan atau layanan klinik secara berkala

4. Fitur pembayaran layanan kesehatan

Aplikasi yang digunakan sebuah klinik juga harus menyediakan fitur yang memberikan layanan untuk sistem pembayaran yang dibutuhkan untuk setiap transaksi layanan kesehatan. Bahkan sangat disarankan untuk tersedia fitur yang bisa menghubungkan pasien langsung pada layanan BPJS Kesehatan sehingga sudah bisa langsung memanfaatkan fasilitas yang tersedia dari pemerintah.

Pasien bukan saja akan lebih dimudahkan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan, namun juga bisa mendapatkan pengobatan serta tindakan tanpa harus mengeluarkan biaya pengobatan.

Dalam fitur ini, pengguna bisa mengakses beberapa layanan seperti :

  • Klaim asuransi jika ingin menggunakan fasilitas asuransi kesehatan yang dimilikinya
  • Mengetahui biaya operasional perawatan dan tindakan pengobatan yang diterima
  • Melakukan pembayaran klaim
  • Mengakses layanan kasir untuk jenis pengobatan untuk rawat inap atau rawat jalan pasien
  • Biaya pemberian pengobatan, tindakan tenaga medis dan dokter
  • Mengakses laporan pemasukan dan pengeluaran keuangan klinik

5. Fitur sistem rujukan pasien

Kemudian fitur yang berikutnya adalah fitur untuk melakukan pengelolaan operasional pada fasilitas kesehatan yang ditunjuk dengan menyediakan fasilitas sistem rujukan yang dibutuhkan pasien. Hal tersebut akan memberikan kemudahan pada pasien untuk mendapatkan penanganan pengobatan yang lebih lanjut di rumah sakit rujukan dengan fasilitas atau sarana kesehatan yang lebih lengkap. Di dalam fitur rujukan biasanya akan tercantum dengan lengkap beberapa data pasien seperti rekam medis pasien, ketersediaan perawatan, tenaga dokter dan kamar rawat inap di rumah sakit rujukan.

6. Fitur pendukung layanan klinik

Kemudian fitur yang terakhir dari software klinik adalah jenis fitur yang bisa memenuhi kebutuhan diagnosa pengobatan dan layanan kesehatan yang lainnya. Seperti layanan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan laboratorium, laporan statistik pemeriksaan laboratorium dan melakukan validasi dokumen rekam medis pasien. Adanya fitur ini bisa memberikan layanan kesehatan yang dibutuhkan pasien secara terintegrasi sekaligus untuk memudahkan pengelolaan tindakan pada laboratorium klinik.

Sekian ulasan tentang 6 fitur utama yang harus ada di software atau aplikasi klinik untuk membantu memudahkan operasional kinerja klinik dan memiliki kualitas yang terbaik.

Bagikan Postingan:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Terkait

Saatnya Mulai Mencoba Upgrade Bisnis Anda Ke Level Selanjutnya

Percayakan pada kami untuk membantu dalam teknis bisnis Anda

©2023 Starfield Indonesia - All rights reserved