Software restoran sudah semakin sering digunakan oleh banyak orang, penggunaannya juga sangat berkembang. Sangat penting software ini digunakan oleh siapa saja yang mengelola industri F&B, seperti restoran atau cafe. Dengan aplikasi ini, sistem dan prosedur bisa tetap terjaga dengan baik serta bisa menerapkan metode yang up-to-date, efisien dan efektif.
Kendala dalam Menjalankan Operasional Bisnis Restoran
Cukup banyak dan beragam potensi kendala yang bisa dihadapi mereka yang bekerja dalam bidang industri restoran atau F&B. Beberapa masalah bahkan kadang bisa memicu stres dan pikiran berlebihan. Mereka yang bekerja dalam bidang ini tidak luput dari komplain bahkan sampai dimarahi pelanggan.
Hal tersebut bisa terjadi karena orderan yang membutuhkan waktu lama untuk selesai. Apa lagi kalau pesanan yang sudah lama ditunggu tersebut ternyata kurang sesuai, tentu bisa memicu ketidakpuasan pelanggan. Dari proses pelayanan yang harus bolak-balik dari dapur ke lokasi customer tentunya bisa membuat proses order membutuhkan cukup banyak waktu.
Bahkan pihak restoran bisa saja takut dalam mencari petugas cashier karena memikirkan adanya kebocoran dana. Pada sisi lain, laporan bisa susah untuk dibuat apalagi kalau sering lupa mengurus nota penjualan. Penghitungan bill juga bisa terkendala, terutama kalau terdapat permintaan split bill.
Kendala lain yang mungkin bisa terjadi yaitu susah melakukan monitoring atau mengelola stock opname resto. Tentunya masih ada kemungkinan kendala lain dalam menjalankan operasional restoran. Aplikasi atau software resto hadir sebagai solusi untuk berbagai potensi permasalahan tersebut.
Apa itu Software Restoran?
Inilah software dengan sistem yang mampu membantu pengelolaan dan pengoperasian restoran. Di dalam software ini, terdapat teknologi yang berpusat pada suatu sistem yang biasa dinamakan POS. Sistem point-of-sale atau POS ini menjadi tempat transaksi terjadi antara konsumen dan pedagang.
Agar pemilik restoran bisa melakukan modernisasi untuk usaha mereka, sistem POS yang digunakan harus simple dan efisien. Meski begitu, penggunaan software untuk restoran akan bergantung terhadap kebutuhan restoran itu sendiri. Sebelum Anda memutuskan memakai aplikasi restoran, lebih baik pertimbangkan berbagai fitur-fitur yang ada.
Fitur-fitur yang ada di dalam software harus sesuai dengan apa yang cafe atau restoran Anda butuhkan.
Berbagai Manfaat Penggunaan Software Resto
Inilah berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan aplikasi atau software untuk restoran.
– Mudah mengonfirmasi pesanan
Salah satu manfaat dari aplikasi restoran adalah mempermudah konfirmasi pesanan, karena daftar makanan akan muncul pada layar yang terdapat di dapur. Dengan memakai layar tersebut, para staf dapur dapat mengetahui informasi pesanan dengan mudah.
Mereka bisa membuat makanan langsung berdasarkan pesanan. Ada pun sistem layar ini yang mempunyai berbagai macam fitur yang pastinya akan mempermudah tugas staf masak atau koki. Contohnya misal setiap makanan disajikan infonya secara lengkap seperti adanya informasi waktu atau durasi pembuatan.
Koki pun dapat lebih mudah memperkirakan tugasnya supaya bisa diselesaikan tepat waktu. Potensi komplain dari konsumen pun bisa dicegah.
– Melakukan manajemen restoran
Dengan software POS, para pebisnis kuliner juga dapat melakukan manajemen resto. Biasanya restoran biasa masih mengandalkan mesin kasir untuk menjadi alat transaksi. Tapi sekarang sudah banyak pebisnis yang beralih memakai sistem POS.
Kalau dibandingkan mesin kasir biasa, sistem POS mampu memberikan lebih banyak fungsi, misal salah satunya dengan memberikan metode untuk pembayaran. Dengan berbagai fungsi yang dimiliki sistem ini, pada akhirnya bisa memudahkan pelanggan maupun pihak restoran itu sendiri.
– Bisa menyajikan menu secara lebih fleksibel
Agar restoran Anda bisa lebih modern, manfaatkan dengan baik yang namanya E-Menu. Dengan fitur software resto ini, para pelanggan dapat secara fleksibel melihat berbagai menu yang disediakan restoran. Para pelanggan bisa memesan makanan secara langsung tanpa harus dibantu pelayan.
Hal ini bisa membuat pelayan restoran lebih mudah dalam menjalankan tugas mereka. Bukan hanya itu, dari setiap pesanan bisa langsung muncul pada layar dapur. Para staf pun bisa memproses pesanan tersebut secara langsung. Ada berbagai fitur lainnya yang bisa Anda temukan dalam sistem E-Menu seperti nomor meja misalnya. Saat fitur aplikasi resto ini digunakan, maka kesalahan mengantar pesanan bisa diminimalisir.
– Manajemen stok
Melakukan manajemen restoran harus dengan mengelola sistem inventaris. Aspek satu ini merupakan yang cukup vital pada bisnis F&B. Sistem tersebut berfungsi untuk mengelola stok persediaan bahan dan juga aset restoran. Dengan sistem inventaris yang baik, penarikan makanan bisa dicegah.
Aplikasi resto bisa menyediakan akses manajemen stok tersebut, Anda bisa memperkirakan juga menu yang termasuk kesukaan para pelanggan. Anda bisa dengan mudah memisahkan atau memilih stok yang baru dengan yang lama. Kontaminasi bakteri dari produk persediaan kadaluwarsa dan kemungkinan buruk lainnya pun bisa dihindari.
Sekian pembahasan kali ini seputar software restoran, semoga bermanfaat.