Upselling adalah strategi yang sering digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan pendapatan dan profit.
Menurut sebuah studi oleh Marketing Metrics, kemungkinan menjual ke pelanggan yang sudah ada adalah 60-70%, sedangkan kemungkinan menjual ke prospek baru hanya 5-20%.
Artinya, upselling ke pelanggan yang sudah ada dapat meningkatkan pendapatan secara signifikan.
Selain itu upselling juga dapat mendorong loyalitas.
Menurut studi oleh Adobe, pelanggan yang melakukan pembelian tambahan setelah pembelian awal memiliki kemungkinan 9 kali lebih besar untuk menjadi pelanggan jangka panjang.
Upselling dapat membantu mendorong loyalitas dengan menunjukkan nilai produk dan layanan Anda dan membuat pelanggan tetap terlibat dengan brand.
Berikut adalah 10 tips untuk upselling yang efektif:
Pahami kebutuhan pelanggan
Ini penting untuk membuat penawaran yang pas dan lebih besar kemungkinan untuk diterima.
Kenali produk Anda
Pastikan Anda memiliki pengetahuan lengkap tentang semua produk dan layanan Anda sehingga dapat membuat rekomendasi informasi kepada pelanggan.
Sediakan opsi
Beri pelanggan berbagai opsi untuk dipilih, sehingga mereka dapat memilih produk atau layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.
Ciptakan nilai
Tunjukkan bagaimana upsell akan menciptakan nilai tambah bagi pelanggan, seperti dengan menawarkan fitur tambahan, keuntungan, atau penghematan.
Â
Tawarkan diskon atau promosi
Pertimbangkan untuk menawarkan diskon atau promo lain untuk memberi insentif kepada pelanggan agar memanfaatkan upsell.
Jadikan relevan
Sarankan upsell yang relevan dengan pembelian pelanggan, sehingga mereka dapat melihat hubungan antara keduanya.
Jujur
Bersikaplah transparan dan jujur ​​tentang upsell, jelaskan bagaimana hal itu dapat menguntungkan pelanggan, tetapi juga jelaskan tentang biaya tambahan atau apa pun.
Pengaturan waktu adalah kuncinya
Tawarkan upsell di waktu yang tepat, misalnya selama proses pembayaran, saat pelanggan kemungkinan besar terbuka untuk pembelian tambahan.
Gunakan bahasa positif
Gunakan bahasa positif saat menyarankan upsell, seperti “mungkin Anda juga suka” atau “ini akan jadi tambahan yang bagus untuk pembelian Anda”.
Latih staf Anda
Latih staf penjualan Anda tentang cara melakukan upsell secara efektif, termasuk manfaat upselling, cara terbaik untuk menyarankan upsell, dan cara menangani keberatan.