5 Tips Jitu Memilih Platform Ticketing untuk Event Anda

5 Tips Jitu Memilih Platform Ticketing untuk Event Anda

Bagi mereka yang menyelenggarakan event, sangat penting untuk memilih platform ticketing yang tepat. Semakin optimal sistem ticketing, akan menunjang kepuasan pengalaman pembeli tiket. Untuk event skala besar, optimalisasi ticketing menjadi semakin penting supaya event bisa berjalan sukses.

Bagaimana Tips Cermat Memilih Platform Ticketing?

Fungsi dari platform tiket adalah supaya pembelian tiket bisa dilakukan lebih mudah. Banyak fitur-fitur pada platform ini yang mampu menunjang efisiensi manajemen tiket. Meski begitu, tidak semua platform bisa Anda andalkan untuk pengalaman ticketing terbaik.

Setidaknya Anda perlu memastikan platform terkait punya reputasi dan track record yang bisa diandalkan. Bisa saja platform tertentu punya reputasi buruk dari sisi fungsionalitas, keamanan, maupun faktor lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk riset menyeluruh platform yang ingin digunakan untuk manajemen ticketing.

Sebagai yang bekerja dalam event organizer, saya cukup selektif dalam memilih platform penjualan tiket. Banyak opsi platform yang bisa Anda temukan ketika mencari di internet, tapi tidak semuanya cukup relevan dan berkualitas baik. Untuk mempermudah Anda memilih platform ticketing yang bisa diandalkan, pertimbangkan beberapa poin di bawah ini:

1. Mudah atau tidaknya platform digunakan

Salah satu faktor krusial yang perlu dipertimbangkan adalah mudah atau tidaknya platform tersebut digunakan. Ada beberapa pihak yang perlu menggunakan aplikasi ticketing sehingga lebih baik pilih saja yang punya sistem sederhana. Meski sederhana, platform tersebut perlu mengakomodasi setiap kebutuhan manajemen event Anda.

Platform ini bukan hanya diakses oleh pembeli tiket saja tapi juga tim event organizer. Baik itu dari sudut pandang pelanggan maupun tim EO, harus mudah digunakan. Jika platform susah diakses, bisa saja pelanggan enggan untuk melanjutkan penjelajahan platform atau pun menyelesaikan transaksi.

Untuk memastikan kemudahan penggunaan platform tiket event, Anda bisa coba simulasi pemesanan tiket. Dalami bagaimana pengalaman Anda dalam bertransaksi tiket termasuk dari sisi visual, efisiensi prosedur, navigasi keseluruhan dan aspek lainnya. Pertimbangkan untuk kaji sisi kemudahan secara menyeluruh termasuk dari kenyamanan desain bagi pelanggan.

2. Performa platform

Platform ticketing harus bisa mengakomodasi setiap kebutuhan manajemen tiket event. Tergantung dari skala event, platform terkait harus dipastikan andal dalam menangani penjualan besar. Jadi, coba cek terlebih dahulu performa teknis secara menyeluruh untuk memastikan kinerja platform.

Saat trafik pembelian tiket begitu besar, bisa saja sistem platform susah untuk diakses. Misalnya saja terjadi waktu loading terlalu lama, tampilan yang tidak sempurna dan masalah lainnya. Agar bisa mengantisipasi trafik yang melonjak berlebihan, server dan aspek teknis lainnya harus cukup andal.

3. Kelengkapan opsi pembayaran

Tiap pembeli bisa punya preferensi berbeda untuk urusan bayar membayar. Beberapa lebih sering menggunakan e-wallet sementara yang lain sudah terbiasa dengan memakai kartu kredit mereka. Atas alasan tersebut, penting untuk memastikan software penjualan tiket menyediakan pilihan pembayaran yang beragam.

Jika tidak tersedia opsi lengkap untuk membayar, bisa memicu kehilangan minat bagi calon pembeli. Misalnya pada saat calon pembeli tidak punya saldo yang cukup pada salah satu metode pembayaran, mereka bisa saja mengurungkan niat membeli tiket. Setidaknya platform tiket perlu menyediakan pembayaran transfer, e-wallet, QRIS dan kartu bank.

Tentunya jika tersedia lebih banyak opsi, akan lebih baik. Anda hanya perlu mengoptimalkan integrasi pembayaran untuk setiap metode tersebut.

4. Penyesuaian yang optimal

Kebutuhan manajemen tiket acara tiap organisasi bisa berbeda-beda. Maka dari itu, platform ticketing harus menyediakan fitur penyesuaian yang komprehensif. Untuk mencari tahu seputar peluang penyesuaian ini, Anda bisa coba hubungi dukungan pelanggan.

Tanyakan seputar apa saja penyesuaian yang memungkinkan pada platform terkait. Apakah tampilannya bisa diatur sesuka hati atau tidak dan periksa penyesuaian penawaran seperti diskon tiket.

5. Periksa kemampuan analitik

Aplikasi event organizer termasuk untuk manajemen ticketing harus menyertakan fitur analisis. Meski menyediakan fitur analitik dalam sistemnya, pastikan fitur tersebut mudah dipahami dan digunakan. Jika terlalu kompleks untuk dipahami, bisa saja percuma karena sulit untuk digunakan tim EO.

Fitur analitik ini dibutuhkan untuk melacak performa penjualan tiket acara. Misalnya saja kita bisa tahu berapa jumlah penjualan tiket sehingga akan mudah bagi kita untuk membuat laporan. Kita bisa tahu juga seputar demografi pembeli, apakah kebanyakan pria atau wanita, rentang usia berapa yang paling banyak membeli.

Kemampuan analitik platform tiket bisa lebih dari itu misalnya mengetahui sumber traffic paling tinggi. Informasi seperti ini bisa membantu tim untuk menentukan langkah pemasaran yang lebih optimal.

Tips Tambahan untuk Manajemen Sistem Ticketing

Untuk menyempurnakan tata kelola ticketing, Anda bisa pertimbangkan beberapa tips berikut selain cara memilih platform tiket di atas:

1. Memperjelas kategori tiket

Pastikan calon pembeli mudah memahami jenis tiket apa saja yang tersedia. Penawaran early bird harus cukup jelas untuk mereka yang mengincar diskon tiket. Bedakan dengan jelas tiket yang reguler, VIP atau kategorisasi lain. Jika ada penawaran eksklusif, sampaikan dengan jelas apa saja benefit yang didapat.

2. Andalkan kode QR

Sekarang sudah semakin banyak event yang mengimplementasikan kode QR untuk prosedur check-in. Menggunakan kode QR bisa mempercepat proses karena tidak perlu memakai tiket fisik. Cukup pindai saja tiket digital dan pengunjung bisa masuk ke venue. Menggunakan QR code juga bisa menghindari penipuan karena kode QR itu unik.

3. Komunikasi yang responsif dan informatif

Inilah salah satu aspek yang krusial dan dibutuhkan oleh banyak pelanggan. Setiap pelanggan butuh akses mudah ke setiap informasi sehingga tim harus menyediakan layanan komunikasi yang responsif. Saat pelanggan butuh panduan menuju lokasi, cara membeli tiket, klaim hadiah, maupun refund, bisa berjalan lancar semuanya.

Itulah tips-tips yang bisa mengoptimalkan pengalaman ticketing. Untuk memastikan kinerja ticketing lebih baik, Anda bisa andalkan platform tiket kredibel dan terpercaya. Platform ticketing seperti Starevent bisa diandalkan untuk menyediakan pengalaman jual-beli tiket yang efektif dan efisien. Inilah platform dengan dukungan pelanggan profesional, fitur penyesuaian, opsi pembayaran lengkap dan sistem yang aman.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan ticketing?

Ticketing berarti manajemen tiket termasuk mencatat data pembeli tiket termasuk permintaan terhadap ketersediaan tiket tersebut. Ticketing mengacu pada jual-beli baik itu tiket konser, akomodasi, transportasi, atraksi dan sebagainya.

Aplikasi ticketing itu apa?

Inilah aplikasi yang menyediakan sistem penanganan request pembelian tiket yang menyediakan manajemen menyeluruh. Aplikasi ticketing yang baik adalah yang aman diakses, punya fitur lengkap dan mudah digunakan.

Tugas ticketing dalam penyelenggaraan event apa?

Mereka yang bekerja dalam bidang ticketing perlu mengurus tata kelola tiket termasuk perencanaan dan desain tiket. Petugas ticketing juga perlu mencetak, mendistribusi dan pengelolaan tiket lainnya.

Cara kerja ticketing seperti apa?

Calon pembeli bisa mengakses platform ticketing kredibel untuk mengajukan permintaan tiket. Sistem platform selanjutnya membuat tiket berdasarkan permintaan relevan dari pembeli tersebut.

Bagikan Postingan:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Terkait

Saatnya Mulai Mencoba Upgrade Bisnis Anda Ke Level Selanjutnya

Percayakan pada kami untuk membantu dalam teknis bisnis Anda

©2023 Starfield Indonesia - All rights reserved