Cara Mengatur Keuangan Apotek yang Baik

Apotek adalah tempat pelayanan masyarakat untuk mendapatkan obat lebih mudah dengan tujuan mencegah dan menyembuhkan macam-macam penyakit. Apotek adalah tempat jalannya praktik kefarmasian yang dilakukan oleh Apoteker. Apoteker tidak hanya menjual obat namun menjual alat medis juga.

Memiliki usaha harus adanya manajemen keuangan agar tempat usaha berjalan dengan baik. Salah satunya yaitu Apotek, tempat usaha tersebut harus memiliki manajemen keuangan agar usaha berjalan lancar. Jadi, penting adanya manajemen bisnis di dalam suatu usaha.

Manajemen bisnis merupakan kegiatan dari mulai perencanaan, pengerjaan, dan pengawasan terhadap suatu bisnis atau usaha. Tujuannya yaitu untuk mendisiplinkan di tempat kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan/ti sehingga pekerjaan dikerjakan secara efisien.

Software Apotek adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan karyawan/ti Apotek untuk mengetahui keuntungan yang di dapat tiap harinya atau dapat memanajemen keuangan. dengan adanya Aplikasi Apotek tersebut memudahkan dalam monitoring apotek.

Faktor Penyebab Apotek Tidak Berkembang

Ada beberapa faktor yang membuat suatu usaha atau apotek yang tidak berkembang, berikut kami sebutkan :

  1. Tidak jalannya manajemen bisnis
  2. Tidak sesuai kartu stok dengan fisiknya
  3. Tidak berjalannya kartu stok obat
  4. Terjadi selisih saat menghitung uang kasir
  5. Tidak ada catatan penjualan per-harinya
  6. Laporan laba dan rugi tidak ada karena tidak membuatnya

Cara Mengatur Keuangan Bisnis atau Tempat Usaha

Bagi pengusaha harus mengetahui cara mengelola keuangan bisnis, agar tidak rugi bahkan tempat usaha tutup. Berikut kami jelaskan cara mengelolanya:

  1. Mencatat stok

Lakukan pencatatan setiap seminggu sekali secara berkala. Catat nama obat, harga, dan jumlah obat. dengan seperti itu akan memudahkan dalam untuk mengetahui stok dan harga yang tersedia. Namun dengan menggunakan software mudah dalam pendataan obat.

  1. Pengeluaran dan pemasukan dicatat dengan teliti dan benar

Pemasukan dan pengeluaran harus dicatat. Tidak hanya yang dijual saja yang dicatat namun obat yang dari supplier juga dicatat. Pembukuan dilakukan secara terperinci. Hitung dan catat pengeluaran saat membeli obat ke supplier.

Uang modal dan uang hasil apotek dipisahkan agar mengetahui laba dan ruginya. Untuk memudahkan dalam pendataan barang masuk dan keluar saat ini ada Software Apotek yang dapat membantu Anda dalam manajemen bisnis.

  1. Lakukan secara berkala dan terperinci dari pembukuan

Dengan melakukan pembukuan secara terperinci memiliki tujuan agar terhindar dari persediaan obat yang atau barang di Apotek yang belum terjual atau yang sudah terjual. Pembukuan yang dilakukan secara berkala dan terperinci memudahkan untuk mencari barang saat ada konsumen yang menanyakan barang.

Sebaliknya jika tidak dilakukan pembukuan maka saat ada konsumen yang membeli karyawan/ti tempat usaha Anda atau Apotek akan kebingungan. Namun saat ini terdapat Software Apotek yang memudahkan Anda dalam pendataan stok barang obat atau lainnya. Sebab jika masih menggunakan catatan atau metode konvensional tidak efisien.

  1. Bangunan dengan kelengkapannya

Lengkapi tempat usaha Anda dengan CCTV untuk mengantisipasi bila terjadi kriminal di tempat usaha Anda dan berikan pencahayaan yang cukup, dengan pencahayaan membuat kesan nyaman bagi pelanggan.

Itulah cara mengatur manajemen bisnis yang bisa diterapkan di tempat usaha Anda. dengan mengimplementasikan manajemen bisnis akan memudahkan Anda dalam pengawasan atau monitoring tempat usaha Anda sehingga tempat usaha Anda akan semakin berkembang tidak akan bangkrut. Keuntungan menggunakan software dalam manajemen bisnis yaitu Anda bisa memantaunya dari jarak jauh.

Bagikan Postingan:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Artikel Terkait

Saatnya Mulai Mencoba Upgrade Bisnis Anda Ke Level Selanjutnya

Percayakan pada kami untuk membantu dalam teknis bisnis Anda

©2023 Starfield Indonesia - All rights reserved